8 Tips Mudah Hilangkan Kantung Mata - Spezkran.com

Breaking

Rabu, 19 Februari 2020

8 Tips Mudah Hilangkan Kantung Mata

Kantung mata terjadi ketika kulit lapisan bawah mata mengalami pembengkakan. Munculnya bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu lama menangis, mata lelah begadang, alergi, dan berbagai aktivitas lain.

Kantung mata yang belum mengempis tentunya membuat rasa percaya diri menurun. Terutama bagi para wanita akan berusaha menutupinya dengan make up lebih tebal dari biasanya. Apalagi jika usai menangis semalaman, pasti malu ketika ditanya keesokan harinya. Lalu, bagaimana solusi tepatnya?

Berikut telah dirangkum mengenai cara menghilangkan kantung mata dengan alami dari berbagai sumber:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan kantung mata yang pertama dengan memperbanyak minum air putih. Tubuh kita membutuhkan cairan sebagai pencegahan dehidrasi dan mata berkantung. Sekitar 80 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Selain dehidrasi, ternyata perubahan cuaca juga ikut memicu produksi hormon dan mempengaruhi penyimpanan cairan. Juga kurangi konsumsi garam, karena mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

2. Kompres dengan Mentimun

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya menggunakan mentimun, karena mengandung banyak vitamin A, B, C dan cairan. Selain itu mentimun juga memiliki kandungan mineral, seperti kalium, magnesium, atau silicon yang baik untuk membuat kembali segar.

Letakkan irisan mentimun pada kedua mata selama 30 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk meredakan bengkak di lapisan bawah mata. Mentimun sudah lama dipercaya mampu mengurangi kantung mata terutama yang menghitam.

3. Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya mengandalkan suhu dingin. Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk meringankan bengkaknya. Kompres mata Anda dengan es batu langsung, kemudian dioleskan di lapisan bawah mata ke arah samping, tidak lebih dari 30 menit.

Memberi kompres dingin pada lapisan mata bisa pula Anda lakukan dengan sendok dingin. Masukkan dua sendok stainless steel atau logam ke dalam freezer atau lemari pendingin, lalu letakkan bagian cekungnya pada kedua mata hingga suhu sendok kembali hangat.

Kemudian lanjut dengan memijat lembut menggunakan punggung sendok atau bagian cembungnya. Lakukan kembali langkah ini dari awal masuk freezer, beberapa kali.
Suhu dingin mampu mengontrol radang akibat tekanan atau aktivitas mata berlebih pada jaringan atau plantar fascia. Perawatan yang sangat mudah dicoba dan pastinya gratis bukan?

4. Kompres dengan Kantung Teh

Cara menghilangkan kantung mata bengkak yang selanjutnya dengan mengompresnya lagi. Gunakanlah bekas teh celup yang sudah tidak terpakai untuk membantu meringankan bengkak. Kantung teh dipercaya sebagai alternatif pereda kantung mata karena mengandung tannin yang mampu menyempitkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Langkah mudahnya,
  •     Sediakan dua kantung teh bekas (teh hitam biasa ataupun teh hijau)
  •     Celupkan kantung teh ke dalam air dingin sekitar 1 menit.
  •     Letakkan kantung teh pada area mata yang berkantung.
  •     Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.
  •     Lakukan langkah ini setiap hari untuk mendapat hasil yang optimal.
5. Melakukan Olahraga dan Pemijatan Wajah
Cara menghilangkan kantung mata yang membengkak bisa dengan memberi peregangan otot pada mata melalui Gerakan olahraga dan pemijatan wajah akan membuat jaringan lapisan bawah mata menjadi kembali rileks. Langkahnya seperti berikut :
  • Pertama, duduk tegak yang nyaman, lalu pijat area pelipis mata menggunakan telunjuk dan jari tengah sebanyak lima kali.
  • Kemudian tutup mata Anda dan mulai gerakkan memutar, lalu bergantian arah atas dan bawah.
  • Lanjut, biarkan mata setengah terbuka dan pijatlah menggunakan jari pada area mata secara melingkar, lalu berlanjut kea rah alis.
  • Buka mata seutuhnya atau lebar-lebar, lalu gerakkan bola mata Anda ke atas dan ke bawah sebanyak 10 kali, lanjut dengan melirik ke kanan dan ke kiri juga sebanyak 10 kali.
  • Terakhir, tutup mata lagi dan biarkan Anda merasa benar-benar rileks.
6. Tidur Berkualitas dengan Posisi Tepat
Waktu tidur yang tepat tentunya baik untuk menjaga kesehatan mata serta tubuh. Tidur yang cukup serta berkualitas sekitar 8 jam per hari akan membantu mengobati kantung mata, juga mengurangi depresi.

Mengutip dari hellosehat.com, cara menghilangkan kantung mata, yakni posisi tidur dengan meletakkan kepala lebih tinggi daripada badan atau dinaikkan. Selain mencegah sakit leher, cara ini juga baik dalam mencegah cairan menggumpal di area mata.

7. Hentikan Merokok

Cara menghilangkan kantung mata yang tidak bisa signifikan atau cepat terlihat hasil hasilnya. Mulailah menghentikan kebiasaan merokok Anda untuk mencegah serta menghilangkan kantung mata bengkak.

Nikotin pada rokok pastinya mengganggu kualitas dan pola tidur alami, lalu memicu cairan yang menggumpal di lapisan bawah mata. Selain itu kandungan zat berbahaya dari rokok akan mempengaruhi kolagen yang seharusnya menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

8. Terapi atau Perawatan

Cara menghilangkan kantung mata bengkak yang disebabkan oleh alergi, bisa dengan terapi atau perawatan tertentu. Apabila Anda telah melakukan beberapa langkah di atas, namun tidak memberikan hasil yang pasti, coba konsultasikan pada dokter mungkin ada alergi di mata.

Alergi bisa karena produk kecantikan atau sabun bisa mempengaruhi lapisan bawah mata membengkak. Dikutip dari hellosehat.com, terapi yang bisa dicoba, yakni peeling, laser resurfacing, dan filler. Tetapi, terapi tersebut dapat mengubah permukaan kulit wajah.

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata dengan alami dan mudah dicoba. Semoga bermanfaat.