Manfaatkan 8 Jenis Buah & Sayur Berikut Untuk Dapatkan Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan tanpa alasan, vitamin C memang memiliki beragam manfaat yang tidak bisa diberikan nutrisi lain dan diyakini menjadi salah satu sumber nutrisi penting untuk menjaga imunitas kesehatan. 


Karena fungsinya yang penting ini, maka tak heran tubuh kita membutuhkan banyak asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber vitamin C adalah buah-buahan. Namun ditengah pandemi Covid-19 ini, keberadaan vitamin c saat ini semakin langka bahkan mahal. Tidak hanya jeruk, sebenarnya masih banyak lagi buah yang mengandung vitamin C. Berikut adalah makanan pengganti vitamin c yang bisa dikonsumsi untuk tingkatkan imunitas tubuh.

Paprika merah

Secangkir paprika merah cincang mengandung vitamin C hampir tiga kali lebih banyak daripada jeruk. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang bagus dan meningkatkan kesehatan mata.



Brokoli

Sayuran ini mengandung 132 mg vitamin C. Penelitian menunjukkan brokoli mungkin memiliki sifat pencegah kanker.

Pepaya

Penelitian menunjukkan bahwa makan pepaya dapat membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan menguatkan tulang Anda. Penyajiannya yakni konsumsi satu cangkir pepaya dan dapat 88,3 mg vitamin C.

Stroberi

Secangkir stoberi ini mengandung 84,7 mg vitamin C, ditambah dosis folat yang sehat dan senyawa lain yang terbukti meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat stroberi lainnya yakni dapat membantu memutihkan gigi Anda secara alami.

Kubis

Kubis kecil ini sarat dengan fitonutrien dan serat pencegah kanker, belum lagi 74,8 mg vitamin C. Jika Anda tidak kuat dengan rasa pahit, Anda bisa memanggangnya.

Nanas

Selain mengandung 78,9 mg vitamin C, nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Nanas juga mengandung bromelain yang bertindak sebagai anti-inflamasi alami.

Kiwi

Satu porsi kiwi (sekitar 2 buah) mengandung 137,2 mg vitamin C. Buah ini juga kaya akan kalium dan tembaga.

Mangga

Mengkonsumsi mangga dapat meningkatkan vitamin C sebesar 122,3 mg. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang hebat, seperti vitamin C memainkan peran penting dalam kekebalan dan juga menjaga kesehatan mata Anda.