4 Langkah Mudah Cara Membersihkan dan Merawat Wiper Mobil

Saat mulai memasuki musim hujan, Anda wajib mengecek beberapa komponen penting di mobil. Salah satunya wiper. Komponen yang satu ini cukup penting saat musim hujan tiba. Karena wiper merupakan tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi, tanpa adanya wiper maka pengemudi tidak bisa mengendalikan kemudi dengan baik saat hujan turun dengan deras dan yang lebih fatalnya lagi bisa menyebabkan kecelakaan.
4 Langkah Mudah Cara Membersihkan dan Merawat Wiper Mobil
Wiper mobil bekerja dengan membersihkan kaca depan mobil saat hujan turun sehingga pengemudi bisa tetap fokus tanpa terhalang air hujan yang begitu derasnya mengguyur mobil terlebih untuk kaca depan mobil. Karena fungsinya yang sangat penting ini maka jangan sampai wiper tidak bekerja secara maksimal ya Sahabat.

Wiper Mobil

Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan. Karena hujan sering kali turun secara tiba-tiba, sehingga komponen mobil seperti wiper harus bisa bekerja secara maksimal dan tepat pada saat dibutuhkan dan berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa cara dan tips mudah yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari laman resmi Daihatsu untuk merawat wiper mobil.

Pertama

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan mengecek terlebih dahulu kondisi pada karet wiper di mobil. Biasanya kondisi wiper yang baik yaitu dengan tidak adanya retakan pada karet wiper. Apabila menemukan retakan atau karet yang sudah lapuk ada baiknya Sahabat langsung ganti pada bagian karet wiper mobil tersebut.

Anda bisa membelinya pasaran dengan kualitas yang bagus. Jangan sembarangan mengganti karet wiper karena bisa merusak kaca depan mobil. Anda bisa menggantinya dibengkel terdekat atau bisa juga mengganti sendiri tentunya dengan memperhatikan cara pemasangan karet wiper dengan benar ya.

Kedua

Langkah yang kedua yaitu dengan membersihkan wiper mobil yang sudah benar-benar dalam keadaan baik. Saat membersihkan wiper mobil jangan mengelap pada pinggiran karet karena di pinggiran karet tersebut terdapat bagian komponen lapisan kimia yang menjaga elastisitas wiper.

Jadi, saat Anda mengelap pinggiran karet wiper tersebut maka cairan yang menjaga elastisitas wiper akan hilang. Kemudian saat membersihkan sebaiknya untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil dengan begitu kaca mobil tidak akan terganggu.

Ketiga

Untuk membersihkan karet wiper mobil, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di bengkel mobil. Setelah membeli cairan khusus untuk membersihkan wiper mobil, Anda bisa tuangkan cairan wiper tersebut bersama dengan air ke dalam sebuah wadah. Lalu cairan tersebut bisa Sahabat gunakanlah untuk membersihkan wiper mobil.

Keempat

Setelah wiper sudah bersih, periksa wiper secara berkala pada bagian poros wiper. Semprotkan cairan khusus atau WD cleaner untuk menjaga agar wiper tetap bekerja dengan lancar. Dengan wiper yang sudah aman dan siap digunakan kapanpun Anda bisa tenang saat berkendara walaupun hujan turun dengan derasnya.

Jadi mudah bukan? Jangan malas untuk membersihkan wiper mobil. Mengecek wiper mobil bisa Anda lakukan secara berkala seperti setiap satu bulan sekali, dengan begitu wiper akan bekerja secara maksimal ketika memang sangat dibutuhkan.