Cara Menghilangkan Karat Pada Header Atau Leher Knalpot

Salah satu komponen pada sepeda motor yang rentan karatan adalah knalpot. Utamanya pada bagian header ataupun midpipe (leher). Ini bisa terjadi lantaran kebanyakan item itu terbuat dari besi. Belum lagi karena posisinya yang berada di kolong, rentan kotor. Bila tak rajin dibersihkan, jangan protes bila bagian tadi jadi berkarat. Pasalnya itu terjadi karena adanya oksidasi antara zat asam (dari kotoran dan udara) dengan besi.
Cara Menghilangkan Karat Pada Header Atau Leher Knalpot
Parahnya lagi kalau dibiarkan terlalu lama, membuat area berkarat tadi menjadi korosi. Dampaknya, knalpot mengalami kebocoran. Jika sudah begini, satu-satunya cara ialah menggantinya dengan yang baru. Tapi, masalah itu bisa dicegah dengan cara membersihkan karat menempel sedini mungkin. Apabila tak mau repot, Anda bisa datang ke jasa detailing. Namun, tentu ada konsekuensi karena harganya lumayan mahal. Nah, kalau mau efisien, coba lakukan sendiri pekerjaan itu. Toh, sembari mengisi waktu, terlebih dengan situasi sekarang ini.

Bahan-Bahan

Bahan pembersih knalpot yang dipakai juga dapat ditemui dengan mudah. Cara pertama, coba gunakan bahan bakar. Namun menurut pihak Astra Motor, pemilihannya lebih spesifik yaitu memakai Pertamax Plus.

Lalu campurkan dengan BBM jenis solar dengan perbandingan 1:2. Setelah itu, gosok dengan alat seperti sikat gigi atau sikat kawat. Lakukan secara menyeluruh sampai karat benar-benar hilang. Anda dapat pula memanfaatkan oli mesin bekas. Pengaplikasiannya juga mudah, tinggal oleskan bagian knalpot yang berkarat. Kemudian, nyalakan mesin sepeda motor selama 1-2 menit. Pasalnya, panas akan membantu merontokkan karat. Setelah itu, pastikan tak ada kotoran menempel di area tadi.

Pakai Pembersih Kramik

Tak ada salahnya pula memakai cairan pembersih keramik rumah. Menurut sumber serupa, produk itu pun juga dapat mengangkat karat pada knalpot. Caranya pun gampang. lumuri secara menyeluruh, diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan sikat sampai karat pergi. Tapi ada catatan, jangan sampai cairan itu mengenai bagian blok mesin.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih sederhana, yaitu memakai pasta gigi. Coba balurkan bagian yang terkena karat tadi, kemudian tunggu beberapa menit. Setelah itu gosok menggunakan kain lap. Sayangnya hasil dari opsi ini tidak instan, karena Anda mesti melakukannya beberapa kali. Memang cukup membuang waktu, namun dapat anda terapkan sembari mengisi waktu luang di rumah. Selamat mencoba!