10 Khasiat Alami Jus Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat jus mentimun memang sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Jus mentimun mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, phosphorus, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, zat besi, silika, kalsium dan seng. Itulah mengapa banyak orang yang rutin mengonsumsi jus mentimun untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuhnya. Seperti dikutip dari NDTV Food, berikut ini 10 manfaat jus mentimun bagi kesehatan kulit dan tubuh.

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Rajin mengonsumsi jus mentimun ternyata bisa membantumu untuk diet menurunkan berat badan. Menurut Dr. Anju Sood, seorang ahli gizi di Bangalore, jus mentimun kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme serta membantu penurunan berat badan. Selain itu jus mentimun juga rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badannya.

2. Menghidrasi Tubuh

Shilpa Arora, praktisi kesehatan serta ahli gizi dan pelatihan kesehatan makrobiotik bersertifikat mengatakan bahwa mentimun terbuat dar 95% air dan dua senyawa, asam askorbat dan asam caffeic. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah retensi air agar tubuh tidak dehidrasi. Kadar air yang tinggi dalam mentimun selain dapat menghidrasi tubuh juga dapat membantu pengeluaran racun-racun di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jus mentimun yang ketiga adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. B.N. Sinha, ahli ayuverdic mengatakan bahwa mentimun dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral, hormon, dan senyawa yang membantu melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu mentimun juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi seperti virus.

4. Mendetoks Tubuh

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa jus mentimun kaya tinggi akan kandungan air. Hal itu dapat membantu tubuh untuk membersihkan racun dan kotoran di dalam tubuh. Tidak heran mengapa banyak orang yang menggunakan mentimun untuk dijadikan minuman detoksifikasi.

5. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Selain manfaat di atas, jus mentimun ternyata juga dapat membantu untuk hipertensi dan darah rendah. Rutin mengonsumsi jus mentimun dapat membantu mengatur tekanan darahmu agar tetap di batas normal. Itu berkat kandungan magnesium yang terdapat di dalam jus mentimun.

6. Membuat Lebih Bertenaga

Manfaat jus mentimun lainnya adalah untuk menambah tenaga. Jus mentimun mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh serta vitamin B. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kelelahan, iritabilitas, dan konsentrasi yang buruk. Dengan rutin mengonsumsi jus mentimun, kamu akan merasa tubuhmu menjadi lebih bertenaga.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jus mentimun dapat membantu menenangkan saraf-saraf pada tubuhmu serta mengurangi perasaan gelisah atau stres yang sedang dirasakan. Dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk tertidur nyenyak dan membantu meningkatkan siklus tidurmu, sehingga kamu bisa bangun dengan lebih segar di pagi hari.

8. Mendinginkan Tubuh

Menurut ahli gizi asal Delhi, Anshul Jaibharat, jus mentimun kaya akan kandungan air yang dapat berfungsi untuk mendinginkan tubuh. Jadi ketika sedang berada di musim panas atau tubuh terasa panas, minum segelas jus lemon dapat membantu tubuh agar lebih segar dan dingin.

9. Meningkatkan Pengelihatan

Dr. Sinha meyarankan untuk mengonsumsi jus mentimun jika kamu ingin memperbaiki atau meningkatkan kualitas pengelihatanmu. Dirinya juga mengatakan bahwa jus mentimun bisa menjadi salah satu cara alami yang memang sudah terbukti untuk mengobati pengelihatan.

10. Menjaga Kecantikan Kulit

Manfaat jus mentimun yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Selain irisan mentimun baik digunakan pada mata untuk mengurangi lingkaran hitam, minum jus mentimun secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Jus mentimun kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat memperbaiki kulit dan membuatnya tetap terlihat awet muda.