7 Perbedaan Mendasar Antara Oven Dan Microwave Yang Harus Dicermati

Perbedaan oven dan microwave terkadang membuat banyak orang bingung. Sebab, kedua alat ini sekilas hampir terlihat sangat mirip karena memiliki bentuk sama-sama balok serta terdapat kaca yang terletak di bagian tengahnya.

Tak heran apabila banyak orang hampir tidak mengetahui perbedaan oven dan microwave. Meski memiliki bentuk yang sangat mirip, namun kenyataannya oven dan microwave ini memiliki perbedaan lho. Nah bagi Anda khususnya kaum wanita yang seringkali berkegiatan di dapur, ada baiknya untuk memahami sebenarnya apa saja perbedaan oven dan microwave.
7 Perbedaan Mendasar Antara Oven Dan Microwave Yang Harus Dicermati
Dengan mengetahui perbedaannya, maka akan mampu memungkinkan Anda agar tidak salah dalam menggunakan peralatan dapur tersebut. Diketahui, oven dan microwave memang sama-sama memiliki elemen pemanas yang sebenarnya juga mempunyai berbagai aspek pembeda di antara keduanya. Jika ingin mengetahui perbedaannya oven dan microwave lebih dalam, Merdeka.com akan menyajikan informasinya untuk Anda. Berikut adalah 7 perbedaan oven dan microwave yang perlu dipahami agar tak salah pakai.

Kecepatan Kemampuan Memanaskan

Perbedaan oven dan microwawe yang pertama adalah dari segi kecepatan kemampuan dalam memanaskan masakan. Hal ini dipengaruhi akibat adanya sumber panas yang juga berbeda. Dilansir dari Bukalapak, Microwave akan memiliki kecepatan panas yang lebih cepat dan merata karena molekul air dipanaskan bersama dengan gelombang elektromagnetik. Selain itu gelombang tersebut juga akan memanaskan makanan dari dalam, sementara lempengan panas yang ada pada oven akan memanaskan makanan dari bagian terluar makanan.

Sumber Panas dan Fungsi yang Berbeda

Apabila ditinjau dari segi sumber panasnya, tentu saja oven dan microwave ini memiliki perbedaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa microwave menggunakan gelombang elektromagnetik yang mampu memanaskan molekul air dengan cara bersamaan.

Sementara oven kebanyakan akan menggunakan lempengan panas yang ada di beberapa sisi bagian dalamnya. Nah dengan begitu otomatis microwave mampu memanaskan makanan tanpa membuat plastik meleleh ataupun membuat kaca retak. Berbeda dengan oven yang harus menggunakan tatakan logan ataupun piring.

Oven Lebih Tepat Digunakan untuk Menjaga Kehangatan Makanan

Perbedaan oven dan microwave berikutnya dapat dilihat dari segi kecepatan memanasakan makanan. Jika dibandingkan dengan oven, microwave memang memiliki keunggulan dalam segi kecepatan memanaskan makanan. Akan tetapi, oven ini juga lebih unggul dalam membuat kehangatan makanan terjaga dibanding microwave.

Perlu diketahui microwave memang mampu memanaskan makanan namun tidak dapat digunakan dalam menjaga kehangatan makanannya. Sementara dengan oven, Anda akan dapat meletakkan makanan di dalamnya dengan memasang suhu rendah sehingga kehangatannya dapat terjaga bahkan menimbulkan efek krispi.

Microwave Lebih Tepat Digunakan Memanaskan Makanan Beku

Apabila oven lebih tepat digunakan untuk menjaga kehangatan makanan, microwave juga memiliki keunggulan lain yakni sangat ampuh dalam memanaskan makanan beku. Ini juga menjadi perbedaan oven dan microwave yang lain dilansir dari Bukalapak.

Apabila Anda ingin memanaskan makanan beku (frozen food seperti sayuran, daging hingga lauk pauk, microwave akan menjadi pilihan tepat. Sebab, microwave ini memang sudah dilengkapi dengan fitur khusus guna memanaskan makanan dingin. Hal tersebut mampu membuat kehangatan makanan menjadi rata lantara dipanaskan dari dalam.

Kemampuan Memanggang

Perbedaan oven dan microwave selanjutnya adalah dari segi kemampuan memanggangnya. Apabila Anda merupakan salah seorang yang kerap kali memanggang kue ataupun roti hingga memasak bahan makanan dengan cara dipanggang, sangat disarankan untuk menggunakan oven karena nampaknya ia akan mampu menjadi pilihan terbaik.

Hal tersebut karena oven memiliki sifat pemanas dari permukaan luar sehingga mampu menghasilkan tingkat kegaringan atau krispi yang sangat pas disertai warna cokelat menunggah selera. Berbeda dengan microwave yang apabila digunakan untuk memanaskan akan menguapkan kadar airnya sehingga akan membuat roti kempis. Maka, oven lebih unggul dalam segi perbedaan kemampuan memanggang jika dibandingkan microwave.

Harga dan Efisiensi Energi

Perbedaan oven dan microwave yang tergolong signifikan adalah dari segi harga beserta efisiensi energinya. Pada umumnya, oven memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan microwave. Hal tersebut lanataran perbedaan teknologi yang terdapat di antara keduanya. Kebanyakan, microwave memiliki tingkatan watt yang lebih rendah dibanding oven.

Kemampuan Merebus Air dan Makanan yang Berbeda

Kemampuan merebus air dan makanan juga menjadi salah satu perbedaan oven dan microwave. Perlu diketahui bahwa pada microwave kemampuan untuk memanaskan makanan dengan menguapkan air pada makanan secara bersamaan sangat baik.

Dengan begitu otomatis microwave ini sangat cocok digunakan untuk memasak makanan rebusan atau pun untuk merebus air guna dituangkan ke dalam bubuk kopi.