Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kadas Atau Kurap

Penyakit kadas atau juga biasa dikenal dengan kurap adalah salah satu kondisi infeksi dengan ditandai oleh radang maupun luka pada bagian dan terjadi di bagian kulit yang tidak berambut. Perlu diketahui bahwa penyakit dengan nama medis Tinea Korporis ini disebabkan oleh golongan jamur dermatofita yang menyerang jaringan tubuh yang memiliki kreatin, salah satunya kulit. Jamur tersebut pada nantinya akan menghancurkan lapisan terluar kulit Anda. Jenis jamur demartofita ini terbagi menjadi beberapa macam, yakni Trikofiton, Microsporon dan Epidermofiton.
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kadas Atau Kurap

Penyakit kadas atau kurap ini memang seringkali ditemukan banyak menyerang manusia. Sama halnya dengan penyakit lainnya, tentu kadas dapat menyerang lantaran suatu penyebab. Selain itu, penyakit ini juga memiliki beberapa gejala yang perlu Anda ketahui guna tetap waspada dan segera melakukan pengobatan agar tidak semakin parah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab, gejala, hingga cara mencegah penyakit kadas.

Penyebab Penyakit Kadas atau Kurap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit kadas atau kurap ini dapat terjadi lantaran disebabkan oleh jamur berjenis dermatofita. T. rubrum dan T. mentagrophytes merupakan penyebab paling sering yang ditularkan baik secara langsung ataupun tak langsung.

Penyakit kadas atau kurang ini juga dapat menyebar dengan beberapa cara. Antara lain seperti bersentuhan kulit secara langsung dengan penderita penyakit kadas, kontak tidak langsung melewati rambut penderita, tempat tidur, pakaian bahkan lantain dan dapat tertular dari hewan peliharaan.

Gejala Penyakit Kadas atau Kurap

Sama halnya dengan penyakit pada umumnya, tentu kadas memiliki beberapa gejala yang juga timbul ketika seseorang tengah menderitanya. Biasanya, gejala yang paling kerap dijumpai adalah munculnya lingkaran-lingkaran bersisik, bercak putih, lembap dengan disertai rasa gatal.

Perlu Anda ketahui penyakit ini mampu menyerang akibat kurang menjaga kebersihan kulit. Beberapa bagian tubuh yang rawan sekali terkena penyakit kadas atau kurap adalah kulit kepala, tekuk dan juga leher.

Cara Mencegah Penyakit Kadas atau Kurap

Bagi Anda yang khawatir terserang penyakit kadas ini sebenarnya perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Dikutip dari Liputan6.com, cara pertama dalam mencegah penyakit kadas yang harus Anda lakukan adalah dengan mencuci handuk dalam air hangat serta tambahkan penggunaan sabun, kemudian keringkan.


Selain itu, Anda harus menggunakan handuk yang bersih setelah mandi dan selalu memastikan bahwa kulit Anda benar benar kering setelah dibersihkan dengan handuk, terutama dibagian lengan, selangkangan, sela jari kaki. Bersihkan juga lantai kamar mandi serta juga bak mandi sehabis Anda menggunakanannya. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang bersih setelah mandi dan sebisa mungkin hindari bertukar pakaian, topi hingga sisir dengan orang lain terutama yang merupakan penderita penyakit kurap.

Cara Mengobati Penyakit Kadas dengan Bahan Alami

Setelah Anda mengetahui penyebab, gejala beserta dengan cara mencegah penyakit kadas, ada baiknya juga memahami cara pengobatannya dengan menggunakan bahan alami. Selain aman dilakukan, pengobatan yang dilakukan dengan bahan alami akan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Bawang Putih

Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai bahan alami dalam pengobatan penyakit kadas atau kurap. Hal tersebut lantaran bahan dapur ini dikenal memiliki sifat anti jamur dan sangat ampuh melawan penyakit kulit.

Cara penggunaannya pun cukup mudah yakni dengan menumbuk halus beberapa siung bawang putih hingga berbentuk pasta, lalu oleskan atau kompreskan pasta tersebut ke bagian kulit yang terinfeksi. Anda dapat melakukan pengobatan ini sebanyak tiga kali sehari, apabila mampu mereda maka Anda bisa melanjutkan pengobatan ini selama satu hingga dua minggu guna mencegah infeksinya timbul kembali.

Lengkuas

Berbicara tentang menghilangkan jamur, lengkuas juga merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki sifat anti jamur. Dalam melakukan pengobatan kadas, Anda dapat menggunakan lengkuas menjadi salah satu bahan alami.

Caranya adalah dengan mememarkannya terlebih dahulu, kemudian Anda bisa menempelkannya pada area kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan hingga kering dan bilaslah dengan menggunakan air bersih hangat.

Belerang

Selanjutnya adalah belerang yang memiliki khasiat mampu menangkal berbagai masalah kesehatan menyerang kulit. Belerang atau sulfur ini tergolong ampuh dalam membunuh bakteri dan juga jamur. Anda dapat mendapatkan belerang cair yang kini sudah banyak diperjualbelikan di toko-toko terdekat dan kompreskan cairan tersebut pada area yang mengalami penyakit kadas. Setelah mengering, Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih dan lakukan sebanyak 1-2 kali dalam sehari hingga penyakit kadas sembuh.

Itu tadi merupakan informasi seputara penyakit kadas atau kurap. Semoga dengan adanya informasi tersebut, Anda mampu mengenali penyebab, gejala, cara mencegah hingga cara mengobati penyakit kadas ini agar kesehatan kulit tetap terjaga.