Cara Mengetahui Penyebab Mobil Mogok Ditengah Jalan

Mobil mogok bisa terjadi pada siapapun, termasuk Anda yang baru memiliki mobil. Bahkan mobil baru sekalipun bisa saja mogok. Biasanya mesin mati di tengah jalan erat kaitannya dengan perawatan rutin mobil.
Cara Mengetahui Penyebab Mobil Mogok Ditengah Jalan
Pada umumnya mobil mogok disebabkan oleh 2 hal, terganggunya sistem kelistrikan mobil (busi, aki, koil, dll) atau terganggunya sistem pasokan bahan bakar (selang bensin, karburator, pompa bensin, dll). Berikut ini adalah cara mengatasi jika terjadi mesin mati di jalan seperti disebut Auto2000 di laman resminya :

1. Dorong Mobil Ke Pinggir

Langkah awal ketika mobil mogok adalah meminggirkan mobil ke tepi jalan. Ini sangat penting supaya tidak mengganggu lalu lintas dan Anda bisa leluasa memperbaiki kondisi mobil atau mencari tahu serta menyelesaikan masalah yang ada.

2. Periksa Lampu Indikator

Selanjutnya, cek lampu indikator mobil, letaknya bisanya digabungkan dengan odometer (speedometer mobil). Lampu indikator ini memiliki banyak simbol antara lain: simbol aki, simbol air radiator, simbol oli, simbol rem, simbol bahan bakar, simbol mesin, dan lain-lain.

Lampu indikator pada mobil sebenarnya terdiri atas 3 warna yakni merah, kuning dan hijau. Untuk warna hijau menandakan bahwa fungsi normal, kuning menandakan adanya peringatan sedangkan warna merah harus diperbaiki karena telah rusak, prinsipnya seperti lampu lalu lintas merah kuning dan hijau.

3. Aki atau Accu / Baterai

Mobil mogok tidak kuat starter. Bisa jadi masalahnya ada pada aki. jika mobil tidak kuat starter mungkin aki lemah. Coba periksa level ketinggian air aki jika pada aki basah dan periksa kabel aki. Kabel aki yang longgar atau kotor bisa menyebabkan mesin tidak kuat starter.

Jika longgar kencangkan dan jika kotor buka dan bersihkan dulu. Cek juga kondisi setrum aki. Kabel aki longgar juga dapat membuat aki tidak mengisi dan kurang strum. Solusi untuk menghidupkan mobil tidak kuat starter bisa dengan cas aki dulu, didorong atau di pancing ( jumper ) menggunakan aki dari mobil lain.

4. Sikring

Sikring yang putus atau sekadar longgar juga bisa membuat mobil mogok. Sikring yang berhubungan dengan mesin ( engine ) jika putus maka tidak akan menyala saat Anda memutar kunci kontak pada posisi on. Tentu ini akan membuat mobil tidak bisa starter dan lainnya.

5. Pompa Bensin, dan Karburator

Pompa bahan bakar yang mati juga akan membuat mobil tidak hidup. Saat kunci kontak pada posisi on, maka indikator pompa rotax dan fuel pump injection akan langsung hidup dan terdengar bunyi.

Jika penyebabnya karburator, maka biasanya karena banjir pada karburator. Karburator banjir akan membuat busi basah. untuk memperbaiki karburator banjir Anda harus bongkar dan bersihkan karburator. Atau coba cara alternatif dengan membuang bensin di karburator lewat baut pembuangannya.

6. Busi dan Kabel Busi

Busi dan Kabel busi pastinya hal yang sering pertama terlintas jika mobil mogok. Coba buka semua busi. Jika kotor bersihkan dan untuk mengecek busi caranya cek dulu kabelnya.

7. Koil

Untuk bagian komponen ini jarang terjadi masalah. Jika terjadi masalah biasanya hanya terjadi pada kabel yang putus atau copot dari soket. Jika terjadi kasus koil lemah, gejalanya koil akan mati atau kurang setrumnya jika panas dan akan normal kembali setelah dingin.

8. Dinamo Starter dan Pengisian / Alternator

Jika mobil tidak bisa starter padahal kondisi aki bagus, kemungkinan masalah terjadi pada dinamo starter. Coba cek dulu kabel yang ke dinamo starter. Mungkin saja ada yang copot. Pada bagian ini, kalau lampu indikator aki menyala saat mesin hidup, itu tandanya dinamo tidak mengisi. Karena itu, segera perbaiki karena akan membuat mobil mogok saat setrum aki habis.